Friday, March 18, 2011

Musrenbangda Lanny Jaya - March 14, 2011

Sebagai salah satu upaya pemerintah kabupaten Lanny Jaya untuk membuat perencanaan dari bawah maka diadakanlah Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) Kabupaten Lanny Jaya pada tanggal 14 Maret 2011 yang lalu. Musrenbangda ini diikuti oleh berbagai SKPD di level pemerintahan dan dilaksanakan oleh Bappeda kabupaten Lanny Jaya di Tiom ibukota Kabupaten Lanny Jaya.
Musrenbangda ini dibuka oleh pelaksana tugas Bupati Lanny Jaya Bpk. John Way setelah terlebih dahulu ketua Bappeda selaku panitia menyampaikan laporannya sehubungan dengan Musrenbangda yang akan diadakan tersebut. Musrenbangda kali ini juga menampilkan beberapa presentasi dari berbagai kedinasan yang dirasa mempunyai dampak banyak di masyarakat diantaranya Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan dan Sosial, serta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lanny Jaya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan membagi ke dalam beberapa kelompok seperti kelompok Pembangunan Fisik, kelompok Ekonomi, Kelompok Hukum dan tata pemerintahan, serta kelompok Sosial Budaya. Sebagai satu-satunya lembaga sosial non pemerintah yang diundang dan hadir pada saat itu Wahana Visi Indonesia - ADP Eruwok diminta bergabung ke kelompok Sosial Budaya.


Dalam dinamika kelompok Wahana Visi Indonesia memberikan kontribusi sangat banyak terkait berbagai usulan aktifitas yang ditawarkan oleh kedinasan seperti Dinas Kesehatan dan Sosial serta Dinas Pendidikan. Berbagai tawaran kerjasama muncul dan ditawarkan oleh berbagai kedinasan. Salah satu hal yang paling menarik adalah ucapan terimakasih yang dilontarkan oleh Dinas Kependudukan, Catatan Sipil, Transmigrasi dan Tenaga Kerja (panjang ya nama dinasnya...) oleh karena partisipasi Wahana Visi Indonesia - ADP Eruwok yang telah membantu dengan cara "jemput bola" dalam rangka mewujudkan Akta Lahir gratis bagi anak-anak di bawah usia 18 tahun di seluruh wilayah kabupaten Lanny Jaya.



Dalam dinamika kelompok juga dirasakan peran WVI yang sangat besar di bidang pendidikan. Salah satu pengakuan datang dari kepala dinas pendidikan yang berkata:" WVI ini..dong hebat..bisa bikin kegiatan dengan budget kecil..." begitu ucap Bpk. Agus Howay kepala dinas Pendidikan kabupaten Lanny Jaya saat diskusi kelompok di sektor pendidikan.

Ke depannya peran WVI yang sudah sangat dianggap oleh pemerintah daerah harus semakin digalakkan dan jangan sampai menurun. Berbagai aktifitas dan janji yang ditawarkan pemerintah daerah harus di follow up dan dilaksanakan dengan baik sehingga kepercayaan Pemda kepada Wahana Visi Indonesia tetap terjaga dengan baik.

Posted by Willy Sitompul for Eruwok Development

No comments: